A. PENGERTIAN PASAR
Pasar dalam kehidupan
sehari-hari (dalam arti sempit) merupakan tempat bertemunya penjual dengan
pembeli untuk melakukan transaksi jual beli.
Syarat pasar dalam
kehidupan sehari-hari:
1. Ada
barang atau jasa yang diperjualbelikan
2. Ada
penjual dan pembeli yang saling membutuhkan
3. Ada
kesepakatan harga antara penjual dengan pembeli
4. Ada
tempat khusus untuk bertemunya penjual dengan pembeli
Sedangkan
pasar dalam ilmu ekonomi (dalam arti luas) merupakan seluruh kegiatan
bertemunya penawaran dan permintaan barang atau jasa sehingga terjadi
kesepakatan harga.
Syarat
pasar dalam ilmu ekonomi:
1. Ada
permintaan
2. Ada
penawaran
3. Ada
harga
B.
FUNGSI PASAR
Pasar
mempunyai fungsi sebagai berikut:
1. Fungsi
distribusi, artinya pasar berfungsi memperlancar penyaluran barang atau jasa
dari produsen ke konsumen.
2. Fungsi
promosi, artinya pasar sebagai sarana bagi produsen untuk memperkenalkan hasil
produksinya kepada konsumen, serta membangkitkan minat konsumen untuk membeli
barang.
3. Fungsi
pembentuk harga, artinya pasar berperan mewujudkan kesepakatan harga antara
penjual dengan pembeli melalui proses tawar menawar harga.
C.
PERANAN PASAR
1. Peranan
pasar bagi produsen:
a. Tempat
memperkenalkan hasil produksi
b. Tempat
memasarkan hasil produksi
c. Tempat
untuk memperoleh faktor-faktor produksi
d. Sumber
informasi dalam mengembangkan hasil produksi
2. Peranan
pasar bagi konsumen:
a. Tempat
untuk mengenal berbagai macam hasil produksi
b. Tempat
untuk memperoleh alat pemenuhan kebutuhan
3. Peranan
pasar bagi pembangunan:
a. Tempat
memperoleh bahan-bahan kebutuhan pembangunan
b. Pemacu
pengembangan iptek
4. Peranan
pasar bagi sumber daya manusia:
a. Membantu
menciptakan lapangan kerja
b. Membantu
meningkatkan pendapatan masyarakat
D.
JENIS-JENIS PASAR
1. Pasar
menurut wujudnya (fisiknya):
a. Pasar
konkrit (nyata), yaitu pasar yang di dalamnya penjual dan pembeli dapat bertemu
langsung untuk melakukan jual beli dan barang yang diperdagangkan sudah
tersedia di tempat.
b. Pasar
abstrak (tidak nyata), yaitu pasar yang hanya menyediakan contoh barang yang
diperjualbelikan.
2. Pasar
menurut macam barang yang diperdagangkan:
a. Pasar
homogen, yaitu pasar yang memperjualbelikan barang-barang sejenis saja.
b. Pasar
heterogen, yaitu pasar yang memperjualbelikan bermacam-macam jenis barang.
c. Pasar
barang produksi, yaitu pasar yang memperjualbelikan barang yang diperlukan bagi
kelancaran proses produksi.
d. Pasar
barang konsumsi, yaitu pasar yang memperjualbelikan barang konsumsi.
3. Pasar
menurut luas kegiatan distribusi:
a. Pasar
setempat (lokal), yaitu pasar yang konsumennya terbatas pada daerah sekitar
pasar.
b. Pasar
daerah, yaitu pasar yang konsumennya meliputi daerah tertentu saja.
c. Pasar
nasional, yaitu pasar yang konsumennya meliputi berbagai daerah dalam satu
negara.
d. Pasar
internasional, yaitu pasar yang konsumennya meliputi masyarakat internasional.
4. Pasar
menurut waktunya:
a. Pasar
harian, yaitu pasar kegiatannya terjadi setiap hari.
b. Pasar
mingguan, yaitu pasar kegiatannya terjadi seminggu sekali.
c. Pasar
bulanan, yaitu pasar kegiatannya terjadi sebulan sekali.
d. Pasar
tahunan, yaitu pasar kegiatannya terjadi setahun sekali.
5. Pasar
menurut bentuknya:
a. Pasar
persaingan sempurna, yaitu pasar yang di dalamnya terdapat banyak penjual dan
pembeli yang saling mengetahui harga pasar. Dalam pasar ini masing-masing
penjual atau pembeli tidak dapat mempengaruhi tingkat harga pasar.
b. Pasar
persaingan tidak sempurna, yaitu pasar yang dikuasai oleh satu atau beberapa
penjual serta di dalamnya kurang ada kebebasan dalam menentukan harga barang
atau jasa yang ditawarkan.
6. Pasar
menurut banyak penjual dan pembeli:
a. Pasar
monopoli, yaitu pasar yang hanya ada satu penjual untuk satu macam barang
sehingga harga menjadi mahal.
b. Pasar
monopsoni, yaitu pasar yang hanya ada satu pembeli untuk satu macam barang
sehingga harga menjadi murah.
c. Pasar
oligopoli, yaitu pasar yang hanya terdapat beberapa penjual untuk satu macam
barang. Kegiatan dari penjual yang satu dapat mempengaruhi pemasaran barang
penjual lainnya.
d. Pasar
persaingan monopolistis, yaitu pasar yang di dalamnya terdapat banyak penjual
untuk satu macam barang tetapi masing-masing barang mempunyai karakteristik
sendiri.
Sumber:
Buku Modul Pendamping Siswa Ips Ekonomi kelas VIII untuk SMP/MTS
Tidak ada komentar:
Posting Komentar